Home

Sabtu, 21 April 2012

Makna dibalik "Kartini Masa Kini"

R.A Kartini adalah pelopor emansipasi wanita. Beliau dengan gigih memperjuangkan
hak seorang perempuan agar tidak diperlakukan "underestimated"oleh kaum Pria. Dengan perjuangan beliau banyak muncul wanita2 yang "tangguh", dapat diandalkan dalam berbagai bidang mulai politik, ekonomi, ketahanan,pendidikan dkk.
Kini perempuan tidak hanya berkelut seputar urusan rumah tangga, mengurus anak dan suami semata.
Tapi lebih luas lagi, banyak perempuan sebagai penopang ekonomi keluarga bahkan sebagai tulang punggung keluarga.
Wanita2 modern sekarang ini sudah sangat "antik", selain latarbelakang pendidikan yg sudah setara dg lelaki, juga banyak menjadi wanita karier yang sukses dalam berbagai bidang.

Kartini masa kini adalah perempuan yang bisa menempatkan dirinya dalam berbagai situasi, ibu yang cerdas bagi anak2nya, dan istri yang memuliakan suaminya. Terlepas seberapa sukses ia dalam pendidikan dan karier.
Dampak "emansipasi" yang salah kaprah saat ini adalah banyak perempuan yang melupakan kodratnya. Seyogianya ia adalah sosok yang diciptakan menjadi pendamping yang sepadan bagi pasangan (suami:red), sosok yang harusnya hormat dan menjunjung rasa taat kepada suami tp berubah menjadi sosok yang angkuh, pengatur, tempramental dll. Hal spt ini sering terjadi pada perempuan2 yang menurut dirinya sendiri dia adalah perempuan yang mandiri, sukses, dgn income yang melebihi suaminya.
Tapi tidak jarang pula kita temui perempuan2 yang sukses dalam karier juga sukses dalam keluarga dan rumah tangganya.
Semoga kita dapat mewujudkan impian Ibu Kartni untuk menjadi perempuan yang "modern" tanpa melupakan kodratnya. Karena bangsa yang hebat itu dibangun dari sosok perempuan cerdas yang dimulai dari keluarganya.
Sukses buat perempuan Indonesia!!

2 komentar:

  1. Ri, taon besok pst ada lomba kartinian lg diktr tetap semangat yach :) smoga lomba taon dpn menang *jgn lp traktir pempek di popay mandu yach! he..he..

    BalasHapus
  2. nita: wkwkwkwkwk.... mba nitaaa... ga mau lagi...:)
    cukup sekali aja dech, kasih giliran ama yg laen :)

    BalasHapus

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi saya. Isi pendapat anda tentang blog ini.
Blogroll untuk tukaran link.