Home

Sabtu, 18 September 2010

Cara Diet Untuk Langsing dan Tetap Sehat

Siapa pun orangnya pasti ingin tampil prima dan lebih langsing. Apalagi untuk para wanita pasti sangat sensitive dengan masalah penampilan khususnya masalah berat badan. Selain tonjolan lemak di sekitar perut bisa lebih rata dari biasanya, Anda pun memiliki berat badan yang ideal dan tentu saja untuk kesehatan.
Sebenarnya tips untuk langsing dan sehat sudah sangat banyak diposting berbagai blog dan sumber lainnya, disini saya hanya ingin menambahi dan sedikit berbagi sesuai dengan pengalaman saya yang dulunya memang pernah mengalami obesitas (kelebihan berat badan).
1.Buat motivasi dalam diri kamu, apa tujuan kamu. Sebaiknya carilah informasi sebanyak mungkin mengenai tips diet yang baik, cara pengaturan pola makan, sumber- sumber vitamin yang baik bagi tubuh, dll. Jika kamu sering membaca artikel-artikel kesehatan seperti ini maka kamu akan mengerti dan lebih bersemangat lagi dalam menjalani program diet.

2.Mulailah menghentikan kebiasaan mengkonsumsi semua jenis makanan secara berlebihan. Bukan berarti kamu tidak boleh makan makanan yang kamu suka tapi atur dan batasi porsinya.

3.Disiplinlah pada jam makan. Misalnya karena ingin cepat kurus kamu lewatkan sarapan pagi, dan kamu menahan lapar sepanjang pagi sampai siang, akhirnya kamu tidak bisa konsentrasi dalam pekerjaan, yang ada dalam pikiran kamu pasti hanya jam makan saja, cara ini saya sudah buktikan tidak efektif. Sakit maag malah kambuh dan makan siang menjadi lebih banyak sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Sebaiknya sarapan setiap pagi dengan porsi yang tidak berlebihan. Kalau saya pribadi sangat jarang sarapan dengan makanan berat, spt nasi. Biasanya cukup dengan crackers atau roti ditambah segelas sereal atau susu, atau jus buah pakai susu sedikit. Kenyang dech sampe siang…. :)

4.Jam makan siang biasanya dengan porsi sedikit karbohidrat, dan perbanyak serat dari sayur dan buah. Saya juga batasi konsumsi daging dan baiknya ganti dengan ikan atau telur untuk memenuhi asupan protein. Perhatikan juga cara memasaknya, sebaiknya bukan dengan digoreng atau memasak dengan santan karena akan memperberat asupan kalori tapi dengan ditumis, direbus atau steam juga ok. Memang terasa agak asing di lidah karena kurang enak dibanding masakan biasanya, semua tergantung cara memasaknya juga sich.. kalau saya, enak2 aja tuch.. (ingat tujuan awal biar semangat lagi :) )

5.Perbanyak konsumsi air putih dan kurangi minum kopi atau teh manis bergelas-gelas karena kandungan gulanya hanya akan menghambat proses pelangsingan. Juga hindari kebiasaan minum minuman dingin karena mengganggu metabolisme. Kalau lapar disela jam makan siang dan malam kamu bisa tetap ngemil tapi tetap perhatikan cemilan dan porsinya.

6.Pada malam hari saya makan jam 6 sore, setelah itu dilarang keras makan kecuali sepotong buah atau minum air putih. Kayaknya bukan makan malam yah jadinya, makan sore nich.. hehehe
Porsinya juga hampir sama dengan makan siang, tetap perhatikan asupan vitamin agar tubuh tetap sehat.

7.Semua cara diatas memang sangat berat untuk dilakukan, apalagi semua ini memerlukan proses yang panjang bukan seminggu dua minggu bisa saja sampai berbulan-bulan semua tergantung disiplin kamu.

8.Karena saya bukan orang yang suka olah raga, juga memang karena waktu itu masih sibuk dengan kuliah juga jadi waktunya agak sempit. Jadi biasaya rajin-rajin gerak dirumah seperti bersih2, biasakan jalan kaki. Itu aja.

9.Tips pola makan yang saya lakukan selalu jaga keseimbangan, ada kalanya saya ingin
banyak makan nasi disiang hari, tapi untuk makan malam mungkin bisa dikurangi atau
bahkan dihilangkan dan diganti dengan sepotong tahu atau sumber karbo lainnya.
Sesekali biasakan dengan konsumsi jus buah saja. Buah diblender dan dicampur
dengan susu kental manis, kalau saya sich kenyang juga koq sepanjang malam. (ingat
tujuan awal… hehehe)

10.Setelah hampir setahun akhirnya berhasil juga turun sampai 16 Kg, kemarin BB 62
sampai akhirnya 46 Kg. (dulu kata temen2 kekurusan sich)

11.Karena sekarang sudah ideal meskipun sering naik juga kadang2.. hehee, maka hanya perlu menjaga saja, tentunya tidak seperti makan makanan dulu lagi yang semuanya serba direbus/ditumis saja. Tapi masih tetap memperhatikan porsinya juga dong, ntar melar lagi kan susah… :)

Itu saja pengalaman saya, semoga dapat menjadi inspirasi bagi teman2 yang sedang dalam program penuruan berat badan. Semangat yah.. :)

Sure.. u can do it!!

3 komentar:

  1. jadi ingin tahu juga berat badan yg ideal itu berapa? sementara tinggi badan saya 180 cm kalau pakai sepatu setebal 18 cm hehe..hayo mbak dihitung..

    BalasHapus
  2. @mas bugie: seneng pk highheel juga nich kayaknya :)
    ada tu rumusnya, coba search dlu.. smoga aj ideal yah.. feeling saya sich ideal
    (hmm.. soq tau dech)

    BalasHapus
  3. Menurunkan berat badan bukan berarti tidak makan sama sekali kn? cuma mengurangi porsi makan nya saja, betulkan? Ohy, Link Banner nya dah sy pasang di blog saya silahkan di cek d halaman Lik Friends. Nice Info Sob.

    BalasHapus

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi saya. Isi pendapat anda tentang blog ini.
Blogroll untuk tukaran link.