Home

Rabu, 11 Agustus 2010

Tip menjaga pacaran jarak jauh (LDR) agar berjalan lancar

Mungkin artikel banyak ditemuin pada blog lain, Cuma sekedar nambahin aja ya…

Memiliki pacar yang kita sayangi dan cintai sangat menyenangkan untuk dijalani. Selama masa berpacaran pasti akan ada berbagai masalah yang datang silih berganti. Jika kamu berhasil menjalani itu semua, maka kesuksesan kamu adalah menikah dengan doi. Cihuy…… :)
Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar hubungan kamu tetap menyenangkan dan lancar dengan pacar :
1.Komunikasi Yang Intensif
Dengan teknologi yang sudah maju kamu bisa sering menelpon dan mengirim sms ke dia dengan obrolan yang segar dan tidak membosankan. Usahakan bisa menelfon si dia setiap malam hari dengan tarif yang murah meriah sehingga kamu dapat berlama-lama ngobrol dengannya berdua. :)

Kalau siang hari biasanya sibuk dengan segala aktifitas, baiknya jangan ngobrol terlalu lama. Cukup dengan perhatian2 kecil, spt mengingatkan jam makan, bagaimana kerjaannya, sibuk tidak? Dll (yg penting ga lebay aj) :D

Jika dia merasa nyaman ditelp, berarti kondisi baik. Kadangkala dia lagi bad mood, atau lagi ada masalah jadi kurang nyaman saat diajak ngobrol sebaiknya jangan terlalu memaksa, coba tanyakan ada masalah apa? Jika dijawab kamu bisa mendengarkan dan memberi solusi atau setidaknya memberi kata2 yang dapat menguatkan dia untuk lebih semangat lagi. Kalau dia tidak menjawab atau dijawab tapi dengan setengah hati berarti dia lagi tidak mau bicara sekarang, sebaiknya telp kamu sudahin.. (yaudah dech gpp kalau ga mau ngomong sekarang, nanti aq telp lagi) ini dari aq ya, kamu bisa ngomong yg lain yang penting membuat dia nyaman.

Hindari menanyakan hal yang sama berulang-ulang dan dapat membuat pasangan kamu bosan menjawabnya. Jika kamu mempunyai sesuatu hal yang menarik dan baru, sampaikanlah. Selain malam hari, jangan ganggu dia terlalu lama. Cukup dengan telepon sebentar dan beberapa sms segar. Jangan paksakan melakukan komunikasi jika keadaan sedang tidak memungkinkan.

2.Beri Perhatian Lebih

Perlakukan dia berbeda dan lebih baik dari orang lain. Ketika dia ulang tahun atau event-event tertentu ucapkan selamat dan juga bisa kamu beri hadiah. Buatlah seolah-olah dia seorang yang spesial dan kamu tidak mau kehilangan dirinya. Jika doi ada masalah, bantulah minimal dengan mendengarkan curhat serta membantu dengan memberi solusi.
Berusahalah untuk menjadi orang yang paling dekat dengannya, sehingga dia mau menceritakan apapun masalahnya sama kamu. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa cerita masalah kamu, minta pendapat dari dia. Intinya kamu buat dia merasa dilibatkan untuk mengambil keputusan, dan membuat pendapat dia itu berarti bagi kamu. Pasti dech dia senang, karena dia merasa dihargai dan dia juga merasa kalau kamu butuh dia.

3.Ungkapan Cinta Yang Tulus Dan Wajar
Hal ini harus sering dilakukan dengan syarat jangan memberi ungkapan gombal yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Ungkapkan cinta kamu secukupnya secara wajar tidak dibuat-buat alias maksa. Buat variasi ungkapan cinta kamu dengan berbagai metode dan cara agar tidak monoton. Misalnya, diakhir telp kamu ucapkan I Love u…, aq sayang bgt sama kamu.. dll

Atau dengan sms secara spontan yang hanya berisi Yank I Love u.. dijamin dia pasti senang.

4.Pelajari Sifat Dan Perilaku
Amati dan pelajari apa-apa yang ia sukai dan apa-apa yang tidak disukainya. Jika kamu sudah tahu, jangan lakukan hal-hal yang tidak ia sukai dan lakukanlah apa yang ia sukai selama tidak melanggar aturan hukum, norma dan agama serta tidak membebani kamu. Tolak dengan baik ajakan-ajakan yang berbahaya, karena belum tentu ia akan menikah dengan kamu. Tapi selalu berpikir positif kalau kamu dan dia saling mencintai. Saling menjaga hati masing2, selalu setia dengan pasangan kamu meskipun jarak kalian berjauhan. Posisikan diri kamu diposisi dia, bayangkan kalau dia tidak setia, pasti kamu kecewa bgt. Maka seperti itulah yang dia rasakan kalau kamu tidak setia. Jaga sikap kamu agar tidak cemburu buta, jika kamu berpikir negatif, memang wajar tp ingat itu hanya akan merusak hubungan kalian. Kamu bisa tanyakan baik2, atau nyatakan kalau kamu tidak suka atau kamu cemburu.. asalkan kamu menyatakan dg tidak berlebihan dan tdk emosi.

5.Jangan Pelit Dan Matre
Karena hubungan kalian jarak jauh tentunya biaya jalan2 tidak ada ya, kecuali kalau kalian ketemuan. (hmmmmmm….)

Biasanya LDR kebanyakan biaya pulsa, komunikasikan kpd pacarkamu provider mana yang paling murah dgn sinyal baik ya… (kan ga enak kalau putus2 telpnya :).

Jangan hanya berharap dia yang selalu telp, kamu juga bisa yang telp duluan. Begitu juga masalah pemberian hadiah, jangan hanya ngarep doang kamu juga bisa memberi bukan, toh juga demi kebaikan kalian berdua. Intinya Take n Give.

6.Perjelas Hubungan Ke Depan
Komitmen menikah merupakan sesuatu yang penting dan perlu disepakati yang menunjukkan bahwa kamu dan pasangan saling mencintai dan serius dalam menjalin hubungan. Komitmen tersebut bisa diungkapkan di awal maupun setelah lama berhubungan. Semakin jelas hubungan kamu dengan dirinya, maka semakin kuat ikatan batin kamu dengan si dia. Terlebih lagi jika keluarga kedua belah pihak telah mengetahui serta merestuinya. Berdoalah kepada Tuhan agar kamu kelak bahagia bersama pasangan kamu. AMIN…

7.Hubungan Keluarga Yang Baik
Jaga hubungan baik dengan anggota keluarga si dia jangan sampai menimbulkan masalah dan citra yang negatif. Kamu bisa sesekali menelepon keluarga pacar kamu, misalnya orangtuanya, adik atau kakaknya.

Jika ada masalah segera selesaikan secara kekeluargaan bersama pasangan kamu. Pernikahan tidak hanya penyatuan seorang laki-laki dengan perempuan, tetapi juga menikahkan kedua keluarga.

8. Jujur Dan Menjadi Diri Sendiri
Jadilah sebagai diri sendiri dan tidak meniru adegan sinetron, novel, film, dan sebagainya. Tanpa berpura-pura menjadi seseorang yang sempurna, kita akan merasa bebas lepas tanpa beban dalam menjalani hubungan cinta kamu. Tapi kamu juga harus berusaha menjadi yang terbaik bagi pacar kamu atas dasar cinta dan ketulusan.

Usahakan tidak membohongi kekasih kamu dan katakan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Sekali berbohong maka kamu harus membuat kebohongan lainnya untuk menutupinya. Jika telah menikah nanti akan lebih indah jika saling jujur tanpa ada dusta diantara kamu dengan dia.

9.Menjaga Emosi
Ini yang paling sering membuat hubungan kandas. Jangan membalas emosi dengan
emosi. Gunakan kesabaran yang tinggi untuk meredam amarah si dia. Ungkapkan kamu tidak suka jika dia marah membabi-buta. Jika si dia melakukan kesalahan atau kebohongan pun jangan sampai emosi kamu meledak-ledak. Tetap tenang dan gunakan akal sehat dalam menjalani suatu masalah. Berbicaralah baik-baik dan lembut namun tegas dalam menyikapi sesuatu karena emosi terkadang sifatnya hanya sementara. Emosi yang saling beradu sangat berbahaya dalam menjaga hubungan agar tidak putus cinta.

Tipsnya jika kondisi kalian lagi sama2 emosi ada baiknya tidak telp, tunggu sampai kondisi sedikit tenang. Terkadang kamu ingin segera cepat selesai, sehingga
kamu bicara dengan emosi bukan dengan pikiran yang tenang, hasilnya pasti tidak baik.

10.Selesaikan Masalah Yang Ada Secepatnya
Jangan menunda-nunda untuk mencari pemecahan dari masalah yang timbul. Jika keadaan dibuat mengambang terlalu lama maka bisa jadi si dia akan berpaling dari kamu dan menjalin cinta yang lain. Sedapat mungkin hubungan yang terjalin dapat kembali mesra seperti sedia kala setelah masalah terselesaikan. Kamu harus pintar2 untuk mengkomunikasikan setiap masalah kalian dengan baik, jangan hanya berharap harus dia dulu yang minta maaf, atau harus dia dulu yang telp. Kamu juga bisa yang duluan, semua ini demi kebaikan kalian juga lho. :)

11.Selalu Setia
Hal yang sangat penting adalah menjaga kepercayaan si dia. Jika kamu ketahuan pacaran lagi dengan orang lain maka hancurlah hati si dia jika mengetahuinya. Jangan pernah menduakan cinta kamu, karena itu sangat membahayakan hubungan kamu dengan pacar kamu. Kalau kamu memang benar2 sayang dan mencintai pacar kamu maka kamu tidak akan sanggup untuk berpaling, karena itu menyakiti pacar kamu.

12.Seimbang / Tidak Ada Dominasi
Jangan sampai hubungan yang berjalan menjadi kurang nyaman karena yang satu dianggap atau menganggap dirinya lebih dewasa, lebih pintar, lebih kaya, dan sebagainya. Buatlah diri kamu dengan dirinya seimbang satu sama lain tanpa perbedaan. Keadaan yang seimbang antara pria dan wanita seperti teman akan sangat menyenangkan daripada yang satu harus selalu menuruti kemauan salah satu pihak terus menerus seperti pembantu.

Kalian harus saling menghargai, dan jangan ucapkan kata2 yang menyudutkan dia tentang sesuatu yang dia tidak mengerti. Kamu bisa mengajarkan dia tentang sesuatu tanpa membuat dia merasa bodoh atau ketinggalan.

Semoga kisah cinta kamu berdua dengan pacar selalu lancar aman terkendali hingga jenjang pernikahan yang suci dan sakral.
^_^
Tambahan :
Jika kamu tidak mencintai pacar kamu atau justru membencinya maka bicaralah baik-baik untuk mencari jalan keluar atau solusi terbaik mengenai hubungan kamu. Jika hubungan cinta kamu tersebut hanya membuat kamu menderita, maka jangan buang waktu kamu dan segera cari orang yang benar-benar kamu cintai setulus hati dan orang itu juga mencintai kamu.

Tips diatas tidak mutlak bagi semua orang, hanya sekedar berbagi saja.
:)

2 komentar:

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi saya. Isi pendapat anda tentang blog ini.
Blogroll untuk tukaran link.